Cara Membuat Paspor Umroh

cara membuat paspor umroh
Cara membuat paspor umroh
Paspor Indonesia

Paspor adalah salah satu dokumen penting bagi yang hendak bepergian ke Luar negri atau Khusunya untuk melaksanakan perjalanan Ibadah Umroh atau haji. Jadi Jika Calon Jamaah umroh yang akan melaksanakan umroh dan belum mempunyai paspor yang masih berlaku maka hal yang pertama dan utama ada pembuatan paspor,

Prosedur Membuat Paspor

Pembuatan paspor untuk sekarang ini jauh lebih baik dibanding 2 tahun terakhir karena sudah di dukung dengan pendaftaran pembuatan paspor secara online baik via Whatapp atau atau aplikasi melalui handphone Android maupun IOS. Untuk lebih jelas kami akan sampaikan prosedurnya dahulu.

Prosedurnya pembuatan paspor sebagai berikut :

  1. Mempersiapkan Syarat dokumen
  2. Pendaftaran melalui WA atau aplikasi
  3. Mendapatkan nomor antrian berikut jam dan tanggal prosesnya
  4. Verifikasi Dokumen oleh petugas imigrasi
  5. Pengambilan poto paspor
  6. Menerima Billing atau slip pembayaran pembuatan paspor
  7. Membayar di tempat tempat yang telah ditunjuk
  8. Paspor akan jadi dengan waktu 4 hari kerja sejak pembayaran

Dokumen Persyaratan paspor

  1. EKTP
  2. Kartu Keluarga
  3. Buku Nikah atau Ijazah atau Akte lahir
  4. Rekom Kemenag
  5. Rekom Travel
  6. Surat Pembayaran Uang Muka atau Pelunasan dari Bank

Untuk dokumen EKTP wajib ada dan tidak bisa digantikan dengan Kartu indentitas lainya misalnya SIM, jika yang belum mempunyai atau KTPnya belum EKTP bisa di dibuat dahulu di DISDUKCAPIL setempat atau di Kelurahan di di Jakarta, tidak harus jadi dulu EKTPnya tapi surat sementaranya bisa digunakan.

Kartu Keluarga juga sama dengan EKTP adalah persyaratan wajib tidak bisa di ganti dengan surat keterangan lain, dan jika belum mempunyai, pembuatan kartu keluarga satu paket dengan pembuatan EKTP.

Persyaratan berikut adalah pilihan boleh menggunakan Buku Nikah jika tidak ada atau data tidak akurat bisa menggunakan ijazah atau jika tidak ada bisa menggunakan Akte Lahir. Jika tidak mempunyai ketiganya segera membuatnya, di sarankan untuk memilih akte lahir jika akan membuat dokumen tersebut.

Rekom Kemenag di buat untuk Jamaah yang akan membuat paspor umroh, yang tidak wajib membuat rekom kemenag adalah sebagai berikut :

  1. PNS
  2. TNI atau Polri
  3. Lanjut Usia (55 tahun ke atas)
  4. Anak anak (dibawah 6 Tahun)

Pembuatan Rekom Kemenag ini di proses di kantor Kemenag Kabupaten atau Kota setempat sesuai dengan EKTP dengan membawa surat rekom dari travel, EKTP dan Pembayaran dari Bank.

Rekom dari Travel umroh dibuat di Bhakti Tour yang di tujukan kepada Kantor Imigrasi dimana akan dibuat.

Pendaftaran ke Imigrasi

Untuk di ketahui oleh para Calon Jamaah umroh, bahwa pengurusan paspor sekarang harus di lakukan sendiri atau tida bisa diwakilkan oleh orang lain, Petugas Travel hanya bisa membatu proses penyiapan dokumen persyaratan dan hanya bisa mengantar sampai Kantor imigrasi dan tida bisa masuk ke dalam ruangan Kantor Imigrasi.

Pendaftaran bisa dilakukan dengan aplikasi android atau ios dan juga via Whatapp. Untuk via aplikasi android silahkan unduh di Playstore atau di IOS

Paspor Online

Dengan aplikasi ini, calon jamaah bisa mendaftarkan 5 sekaligus dengan syarat masih dalam satu Kartu Keluarga. Dan endaftaran dilaksankan setiap hari Jumat sampai dengan Minggu sore.

Sedangkan untuk pendaftaran melalui Whatapp bisa dilaksanakan mulai setiap minggu malam, untuk pendaftaran via WA hanya bisa untuk satu orang saja beda dengan via aplikasi.

Untuk no wa yang dituju untuk masing masing Kantor Imigrasi berbeda beda misalnya :

  1. Imigrasi Cirebon : 0823 2000 9000
  2. Imigrasi Bekasi : 0813 8000 5977
  3. Imigrasi Jakarta : 0856 8050 626

Sedang format pendaftarn via WA adalah sebagai berikut ;

  1. Meminta Info waktu pendafaran #daftar
  2. Daftar #Nama#tanggal lahir#Tanggal Layanan (Iwan Herwandi#20121976#25122020

Demikian panduan membuat paspor semoga bermanfaat untuk para calon Jamaah Umroh Bhakti Tour Khususnya dan Calon Jamaah lainnya. Untuk info lebin lanjut silahkan WA 0811 2795 444

Salam Baitulloh

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *